Program studi Bahasa Asing Terapan mengundang Dr. Dra. Putu Saroyini Piartini, M.M.,Ak untuk mengisi kuliah tamu untuk mahasiswa semester 6. Kuliah tamu ini diadakan di Hotel Ramada by Wyndham, Badung, Bali pada hari Kamis, 23 Mei.
Dalam kesempatan ini, Bu Putu berbagi kepada mahasiswa tentang pemasaran pariwisata Pulau Bali. Beliau menyampaikan tentang fakta-fakta pemasaran pariwisata Bali. Sebagai provinsi yang bergantung pada sektor pariwisata, Bali harus dapat melakukan branding yang tepat untuk menyasar segmen pasar yang sesuai. Adapun branding yang telah ditetapkan adalah Bali sebagai Pulau Dewata atau Island of Gods.
Namun, pelaksanaan branding ini bukan tanpa tantangan. Sebagaimana dituturkan oleh Bu Putu yang juga menjadi Unsur Penentu Kebijakan Badan Promosi Pariwisata Bali 2022-2026, masih adanya kurang sinergi antara elemen-elemen pentahelix (pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi, dan media) di lapangan. Misal, masih ada penyebutan yang tidak seragam tentang Bali di poster-poster atau media promosi yang ditayangkan.
Kegiatan kuliah dosen tamu ini cukup membuka mata mahasiswa tentang tantangan di lapangan terkait promosi pariwisata. Mereka pun antusias untuk mengajukan pertanyaan kepada pakar dari Universitas Udayana ini. Beberapa pertanyaan fokus pada langkah-langkah yang dapat dilakukan mahasiswa untuk berinovasi dalam pemsaran pariwisata.
Kegiatan kuliah dosen tamu ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kegiatan ini membuat mahasiswa tidak hanya belajar melalui data atau teori dari buku tetapi juga mengamati sendiri penerapan dari data dan teori tersebut di lapangan.
Komentar Terbaru