Prestasi membanggakan ditorehkan oleh dosen Program Studi Bahasa Asing Terapan Sekolah Vokasi UNDIP, Fitri Alfarisy, yang berhasil mendapatkan piagam penghargaan sebagai dosen muda dengan skor SINTA 3 tahun tertinggi bidang sosial humaniora peringkat 2 yang diserahkan langsung oleh Rektor UNDIP Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH M.Hum di Gedung Prof. Soedarto, SH pada acara Upacara Hari Ibu 22 Desember lalu.

Keberhasilan dalam menerbitkan jurnal terakreditasi merupakan salah satu prestasi yang membanggakan. Jurnal terakreditasi merupakan jurnal yang sudah diakui dan diberi pemeringkatan oleh lembaga pengindeksasi jurnal. Salah satunya ialah Science and Technology Index atau yang sering dikenal dengan singkatan SINTA yang dikelola oleh Kemendikbudristek. SINTA merupakan sebuah portal yang berisi jurnal-jurnal ilmiah terakreditasi dengan golongan pemeringakatan tiap jurnal yang berbeda-beda. Peringkat yang disediakan SINTA dimulai dari SINTA 6 yang paling rendah hingga SINTA 1 yang paling tinggi. Semakin tinggi peringkatnya, maka akan semakin sulit untuk menerbitkan artikel ilmiah di jurnal tersebut.

Fitri Alfarisy, S.Pd., M.Hum merupakan dosen Program Studi Bahasa Asing Terapan Sekolah Vokasi UNDIP yang memiliki kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain memberikan pendidikan bagi mahasiswa, beliau juga aktif menerbitkan jurnal penelitian maupun pengabdian. Berbagai jurnal yang telah beliau terbitkan dapat dilihat melalui laman Google Scholar.

Penghargaan dosen muda dengan skor SINTA tertinggi diberikan atas kontribusi kinerja dan dedikasi kepada para civitas akademika yang berprestasi sebagai bentuk apresiasi atas prestasi bagi dunia ilmu pengetahuan. Harapannya bahwa dengan adanya pemberian piagam penghargaan dapat menjadi semangat bagi seluruh civitas akademika dalam membawa nama besar UNDIP serta Sekolah Vokasi di tingkat nasional maupun internasional.

 

oleh: Jihan Ainiyah Firdaus