Booth program studi Bahasa Asing Terapan jadi salah satu booth teramai yang ada di Expo Orientasi Diponegoro Muda (ODM) Sekolah Vokasi Undip. Pasalnya, ada 2 mahasiswa Bahasa Asing Terapan yang berperan sebagai costume players (cosplayer) menjaga booth-nya. Kegiatan ODM Sekolah Vokasi tahun ini diadakan oleh BEM SV pada hari Sabtu (21/9) di Gedung Muladi Dome, Kampus Tembalang. Tema yang diangkat kali ini adalah “One Pride Many Voices”, di mana dalam pelaksanaannya, mahasiswa baru SV dibekali pengetahuan tentang nilai-nilai yang harus dipegang dan juga budaya kampus yang pastinya merupakan hal yang bisa dibilang anyar bagi seluruh warga baru SV. 

Expo

Terlepas dari acara inti yang diadakan di ruang utama, terdapat pula booth dari masing-masing program studi yang siap untuk merespons rasa penasaran dari para mahasiswa baru setelah mereka selesai mengikuti acara di ruang utama, tidak terkecuali Himpunan Bahasa Asing Terapan. Sebelumnya, Kharisma Dilla, Ketua HM Basing, dalam orasinya menegaskan tentang pentingnya mempelajari sebuah bahasa, “Bahasa bukan hanya merupakan alat komunikasi, namun juga merupakan sebuah alat yang bisa memengaruhi tindakan sosial, pola pikir, dan cara kita bertindak.”

Terletak dekat dengan tangga, Prodi Bahasa Asing Terapan mengusung konsep perpaduan dan kesatuan antara dua budaya, yakni budaya Inggris dan Jepang. Di sini, para mahasiswa baru juga bisa melihat hasil karya Tugas Akhir (TA) kakak tingkat yang telah berhasil menyelesaikan studinya. Ada berbagai judul buku dan film pendek yang telah ditelurkan oleh senior di Basing dan bisa secara langsung dibaca dan dipelajari di sini. Dengan demikan, diharapkan agar karya tersebut bisa menjadi gambaran tentang apa yang harus mereka lakukan beberapa tahun ke depan, dan mereka bisa mulai menyusun strategi untuk mencapainya.

Terakhir, Dilla menyampaikan bahwa selain menerima aspirasi dan memberi gambaran umum tentang prodi, di sini pengunjung juga dimanjakan dengan adanya permainan, ichigo daifuku (mochi isi stroberi) dan juga cosplayer. Adapun para cosplayer berpakaian  seragam sailor dan seragam sekolah sihir Hogwarts, untuk menampilkan bahasa asing yang dipelajari di prodi ini, yaitu bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Welcome to Applied Foreign Language. Ouyou gaikokugo e youkoso.