Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro secara resmi menjalin kerja sama denga PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI). Dekan Sekolah Vokasi, Prof Ir Budiyono, M.Si., dan Direktur PT HMMI, Harianto, melakukan penandatangan dokumen kerja sama di Gedung Dekanat pada hari Jum’at, 6 September 2024.

Kerja sama ini diinisiasi oleh Ketua Program Studi Bahasa Asing Terapan, Sriwahyu Istana Trahutami, M.Hum., melalui komunikasi intensif agar mahasiswa Bahasa Asing Terapan dapat melakukan kegiatan magang di perusahaan tersebut. Perlu diketahui bahwa PT HMMI memiliki induk perusahaan di negara Jepang. Hal ini menunjukkan kesamaan dengan kekhasan program studi yang salah satunya berfokus pada pembelajaran bahasa Jepang.

Dekan Sekolah Vokasi berharap kegiatan magang dapat diperluas ke seluruh program studi yang ada di Sekolah Vokasi. Beberapa di antaranya mencakup program studi Rekayasa Perancangan Mekanik, Teknologi Listrik Industri, Teknik Rekayasa Otomasi, Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Manajemen dan Administrai Logistik, dan Informasi dan Budaya. Adapun ketua program studi di Sekolah Vokasi juga turut hadir dalam acara penandatanganan ini.

PT HMMI merupakan salah satu perusahaan terkemuka yang memproduksi kendaraan bermotor komersial seperti truk dan bus. Perusahaan yang sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 1982 ini memiliki lokasi pabrik di Bukit Indah, Purwakarta.

Oleh: Aditya Nur Patria