Learning book berisi materi bahasa Inggris sederhana yang dibuat khusus untuk UMKM Omah Kopi Ngemplak (Om Koplak) diserahkan pada hari Senin, 13 Agustus 2024 sebagai salah satu program kerja mono-disiplin Indah Farah Octania, mahasiswi yang merupakan salah satu anggota dari Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro di Desa Banyuanyar, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Proker ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para staf magang di Om Koplak, sehingga mereka dapat lebih mahir berkomunikasi dengan turis asing yang mengunjungi kedai kopi tersebut.

Learning book ini berisi materi yang dirancang sesuai permintaan pemilik UMKM, yaitu materi bahasa Inggris sederhana yang akan membantu pembelajaran bahasa Inggris para staf magang. Buku ini mencakup kosakata dasar, frasa-frasa umum, serta contoh percakapan yang dapat membantu para staf magang dalam berinteraksi dengan pengunjung dari luar negeri.

Cover learning book untuk UMKM Om Koplak

Beberapa minggu sebelumnya, Indah Farah, atau yang akrab dipanggil Ifo, beberapa kali berkonsultasi dengan Ibu Nuning selaku pengelola Om Koplak terkait materi yang akan disusun di dalam learning book.  Proses ini cukup menantang, karena harus mencari sumber yang kredibel dan di saat yang bersamaan, Ifo harus mengerjakan proker mono-disiplin dan proker tambahan lainnya.

Learning book tersebut diserahkan langsung kepada Ibu Nuning di kedai Om Koplak. “Saya berharap learning book ini dapat menjadi media ajar yang bermanfaat bagi para staf magang UMKM Om Koplak. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik, mereka dapat lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan turis asing dan meninggalkan kesan yang baik untuk mereka”, ucap Ifo, saat proses penyerahan learning book tersebut.

Sementara itu, pengelola Om Koplak juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Ifo atas kontribusinya. “Saya sangat menghargai kontribusi yang telah diberikan. Learning book ini adalah bantuan yang besar dalam meningkatkan kualitas layanan kami. Saya yakin buku ini akan sangat bermanfaat bagi para staf, karena bahasanya mudah dipahami dan penjelasannya sangat lengkap”

Dengan adanya learning book ini, diharapkan Omah Kopi Ngemplak dapat semakin memperkuat daya tariknya sebagai destinasi kuliner ramah turis asing, serta memberikan pengalaman yang memuaskan bagi setiap pelanggan yang berkunjung.

oleh: Indah Farah Octania