Desa Selodoko, 14 Agustus 2024 – Kuliah Kerja Nyata memberikan kesempatan besar bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan ke masyarakat secara langsung.

Jauzia Yusi Hilmi Nabilla, akrab disapa Zia, adalah salah satu mahasiswi Bahasa Asing Terapan yang tergabung dalam KKN Tim II Undip 2024 di Desa Selodoko, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Salah satu program monodisiplin yang dilaksanakan adalah pembuatan konten berupa unggahan foto dan video di website dan media sosial resmi Desa Selodoko. Pemilihan program kerja ini didasari atas kurang maksimalnya penggunaan akun media sosial dan website desa yang seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai media informasi masyarakat. Hal ini menyebabkan keberadaan Desa Selodoko kurang dikenal oleh masyarakat luas.

Untuk membuat konten-konten tersebut, Zia  mengabadikan agenda kegiatan desa dan pelaksanaan program kerja teman satu tim. Kemudian footages dari kegiatan-kegiatan tersebut dipilih dan disatukan dalam sebuah folder. Untuk editing, Zia memanfaatkan aplikasi-aplikasi sederhana yang cukup populer penggunaannya di kalangan anak muda seperti Canva dan Filmora. Canva digunakan untuk membuat template unggahan Instagram dan editing foto, sedangkan Filmora untuk editing video.

“Kehadiran kami di sini bertepatan dengan banyaknya agenda desa yang dilaksanakan. Hal ini menjadi peluang bagi saya untuk merekam footages sebanyak-banyaknya. Terutama rangkaian agustusan yang telah terlaksana tanggal 9-11 Agustus kemarin,” ujar Zia.

Desa Selodoko, bekerjasama dengan KKN Tim II Undip, mengadakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia ke-79. Adapun agendanya berupa jalan sehat bersama, perlombaan antar RT, pertunjukan kesenian tradisional, serta Gebyar UMKM. Pertandingan bulutangkis antar RT pada tanggal 9 Agustus menjadi pembuka rangkaian kegiatan tersebut. Untuk agenda lainnya dilaksanakan bersamaan di Lapangan Jambu Desa Selodoko pada 10-11 Agustus 2024. Sebagai seksi dokumentasi, Zia melakukan liputan khusus untuk Vlog Gebyar UMKM Desa Selodoko yang nantinya diunggah di website resmi desa bersama dengan konten-konten lainnya.

 

oleh: Jauzia Yusi Hilmi Nabilla