Pada hari Selasa, 9 Agustus 2022 bertempat di Kampus UNDIP Pleburan, telah diadakan Peresmian Lab Pelayanan Bahasa dan Informasi Digital Sekolah Vokasi UNDIP. Acara ini digelar pada pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh Dekan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro serta jajarannya. Peresmian tersebut dibuka dengan penampilan tari tradisional Balipong oleh Ananda Zebadiah dari program studi Informasi dan Humas. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan doa oleh Bapak Fitri Alfarisy.

Acara inti Peresmian tersebut di mulai dengan sambutan dari Ketua Departemen Informasi dan Budaya, Dra. Sri Indrahti, M. Hum. Kemudian dilanjutkan oleh Dekan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si. Prof Budiyono menyampaikan bahwa lab ini nantinya diharapkan tidak hanya dapat digunakan oleh mahasiswa Departemen Informasi dan Budaya saja untuk mendukung kegiatan perkuliahan. Harapan beliau adalah agar Lab Layanan Bahasa dan Informasi Digital ini sesuai namanya, sehingga dapat difungsikan sebagai lembaga belajar bahasa asing bagi masyarakat yang akan bekerja ke luar negeri.

Setelah memberikan sambutannya, Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si meresmikan Lab Pelayanan Bahasa dan Informasi Digital dengan pemotongan pita. Selanjutnya, para tamu undangan dipersilahkan masuk ke dalam Lab Pelayanan Bahasa dan Informasi Digital untuk melihat dan mencoba fasilitas yang tersedia.

Adapun pemanfaatan lab ini untuk prodi Bahasa Asing Terapan adalah untuk pelaksanaan kelas mata kuliah dan menunjang kompetensi tertentu, seperti:

Konsentrasi Bahasa Inggris

  1. Praktik Intermediate Listening
  2. Praktik Advanced Listening
  3. Praktik Intermediate Speaking
  4. Praktik Advanced Speaking
  5. Praktik Public Speaking
  6. Praktik Consecutive Interpreting

Konsentrasi Bahasa Jepang

  1. Praktik Menyimak Menengah
  2. Self-Learning

– Faridha Berliana & Sekar Arum Prihaningtyas –